photo

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram (bulan yang dimuliakan dan dihormati) dalam Islam. Untuk itulah ummat Islam di seluruh dunia menyambut bulan ini penuh suka cita dengan melakukan berbagai amalan yang dianjurkan, salah satunya adalah menyantuni anak yatim.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, anak yatim memiliki kedudukan mulia di mata Islam. Rasulullah ﷺ mencontokan, beliau begitu memperhatikan anak yatim. Sepanjang hidup beliau, beliau tak pernah lepas memperhatikan anak-anak yatim. Beliau bahkan juga mengajarkan ummat Islam untuk ikut serta memberikan perhatian kepada anak-anak yatim, sebagaimana hadis berikut ini, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim kedudukannya di surga seperti ini, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah lalu merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari).

Menyambut datangnya bulan Muharram, Laznas Nurul Hayat menghadirkan sebuah acara untuk membahagiakan anak-anak yatim, yaitu “Semarak Muharram 1446 H, Bahagia Bersama Yatim”. Dalam kegiatan ini, Nurul Hayat melakukan penyerahan simbolis bantuan Program Beasiswa Sahabat Yatim sebesar Rp 5.804.461.169 untuk 4.361 anak yatim. Program Beasiswa Sahabat Yatim ini sendiri merupakan program rutin yang diberikan oleh Nurul Hayat setiap bulan untuk anak-anak yatim.

Dalam acara ini Nurul Hayat bersinergi dengan Delta Kijang Community. Delta Kijang Community menyediakan 25 unit mobil untuk mengajak anak-anak yatim jalan-jalan (edu tour) di  Museum Jalesveva Jayamahe, Alun-Alun Surabaya, dan berkeliling melewati ikon-ikon Kota Surabaya seperti Kota Tua Surabaya, Tugu Pahlawan, dan Jln. Tunjungan. Selain itu, di acara ini juga ada berbagai keseruan lain seperti fun game, berkisah dan superhero.

Acara “Semarak Muharram 1446 H, Bahagia Bersama Yatim) ini diselenggarakan pada hari Ahad, 21 Juli 2024, mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada seluruh sahabat sejuk Nurul Hayat dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini: Delta Kijang Community, KWJBS (PT. Jaya Abadi Corak Biskuit), Ayam Bakar Pak D, Pasar Q, Museum Pusat TNI AL dan Balai Pemuda Surabaya. 

Semoga segala ikhtiar kita bisa mengukir kebahagiaan di hati anak-anak yatim ini dan menjadi amal yang diterima oleh Allah Ta’ala. Aamiin ya Rabbal Alamiin.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel