photo

Dari tahun ke tahun, krisis air bersih masih menjadi permasalahan di berbagai wilayah di tanah air. Permasalahan ini kian parah saat musim kemarau datang. Sumber air banyak sekali yang mengering, menyebabkan ribuan keluarga mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan pokok hidup tersebut.

Tidak semua tempat mempunyai sumber air untuk dilakukan pengeboran. Salah satunya adalah Dusun Maor, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Di tempat ini dulu pernah dilakukan pengeboran tapi nihil hasil. Satu-satunya cara warga mendapatkan air bersih adalah mengambil air dari bendungan mini, yang membendung air bersih dari Pegunungan Kendang. Jarak antara rumah warga dengan bendungan tersebut kurang lebih 600 meter. Hal tersebut tentu menyulitkan warga yang tidak punya motor. Mereka harus berjalan mengangkut air menempuh jarak yang lumayan jauh.

Dusun Maor, RT 13 dan RT 14 Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur merupakan potret warga yang berlokasi di tengah hutan. Untuk menuju Dusun ini harus menempuh jalan terjal berbatuan sepanjang kurang lebih 5 Kilometer dari jalan raya. Jalan berbatu, berkelok, naik turun bukit. Dusun ini dihuni 78 Kepala Keluarga. Kurang lebih 120 jiwa. Lokasi Dusun Maor dikelilingi oleh perbukitan gunung Kapur Kendeng. Hanya terdapat 1 akses jalan menuju lokasi. Warga Dusun Maor sebagian besar berprofesi sebagai petani Jagung. Setahun panen 2 kali. Dengan kondisi seperti itu, sebagian besar warga Maor berada dalam kondisi di bawah kemiskinan. Karena akses jalan yang tidak bagus tersebut, aktivitas warga juga menjadi terbatas.

Nurul Hayat mengajak sahabat sejuk untuk membangun pipanisasi. Dengan membangun pipanisasi, insyaAllah akan memudahkan warga mengakses air dari penampungan.

Alhamdulillah, dapat kami sampaikan, perkembangan wakaf sumur dan pipanisasi telah terlaksana dengan lancar. Dilaksanakan bersinergi dengan berbagai pihak terkait. Pengeboran sumur dilakukan hingga kedalaman 30 meter. Juga dilakukan pembuatan tandon kapasitas 6000 liter air. Terima kasih sahabat sejuk Nurul Hayat yang sudah membantu menyukseskan program wakaf sumur ini. Semoga segala kebaikan sahabat sejuk mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Ta’ala. Aamiin ya Rabbal Alamiin.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel