photo

Kurang lebih lima tahun yang lalu, Masjid Al Ikhlas mulai dipugar. Namun hingga kini, pemugarannya belum selesai. Padahal masjid ini digunakan untuk banyak sekali kegiatan. Baik sosial maupun pendidikan.

Meskipun masjid yang berada di jalan Karangpanas, Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Semarang ini terletak di dalam gang sempit, namun masjid ini memberi manfaat luar biasa kepada 450 KK yang ada di sekitarnya. Bahkan jamaah masjid ini  tak hanya dari sekitar masjid saja, melainkan juga dari berbagai daerah di Kota Semarang.

Perkiraan potensi jumlah jamaah bisa kita jabarkan sebagai berikut:

  1. 32 Murid Kuttab Al Ikhlas, Senin-jum’at, jam 07.00 sampai jam 13.00. WIB
  2. 45 Murid TPQ, Senin-jumat sore
  3. Kurang lebih 370 orang penerima manfaat baksos tiap bulan (bazaar, sayur berkah, cukur gratis, pembagian sembako)
  4. Kurang lebih 90 jamaah untuk setiap kajian umum rutin pada hari Sabtu, Senin dan Kamis
  5. 450 KK di Karangpanas

Saat ini, kapasitas masjid setelah pemugaran lantai 1 dan 2 kurang lebih hanya 350 jamaah saja. Rencananya, lantai 2 difokuskan untuk proses belajar mengajar kuttab Al Ikhlas.

Masjid yang begitu padat kegiatan ini, sayangnya kas-nya sering mengalami minus karena digunakan untuk menopang biaya pembangunan dan operasional kegiatan masjid.

Alhamdulillah, pada hari Kamis, 15 Juni 2023, Laznas Nuru Hayat telah menyalurkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al Ikhlas. Dengan dukungan sahabat sejuk, terkumpul dana senilai Rp 1.564.496. Dana tersebut digunakan untuk biaya jasa tukang bangunan. Bantuan tersebut kami bulatkan menjadi Rp 2.000.000.

Terima kasih kami ucapkan kepada sahabat sejuk Nurul Hayat yang telah menitipkan infak dan sedekahnya melalui Laznas Nurul Hayat Semarang. Semoga Allah Ta’ala membalas setiap kebaikan sahabat sejuk sekalian. Aamiin ya Rabbal Alamiin.



Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel