photo

        Masjid Al Hikmah dulunya adalah sebuah musholla. Didirikan pada tahun 1989, musholla ini menjadi tempat beribadah bagi warga Kampung Sawah besar II, Kelurahan Kaligawe, Kecamatan Gayam Sari, Kota Semarang.

        Dalam perkembangannya, pada tahun 2002, Musholla Al Hikmah diubah menjadi Masjid Al Hikmah. Perubahan ini untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat setempat dalam menunaikan sholat jamaah dan sholat Jumat.

        Pada tahun 2006, Masjid Al Hikmah direnovasi. Renovasi yang dilakukan meliputi peninggian tanah dan perluasan bangunan.

        Kondisi masjid saat ini, tinggi lantainya sudah sejajar dengan tinggi jalan. Sehingga bila turun hujan lebat, air akan mengalir masuk menggenangi masjid. Selain itu, atap serambi juga sudah pendek dan banyak mengalami kebocoran saat hujan. Disamping itu, masjid juga sudah tidak bisa lagi menampung semua jamaah shalat Jumat, sehingga jamaah meluber hingga ke jalan kampung dan teras rumah warga.

        Dari kondisi inilah pengurus masjid berniat untuk melakukan pembangunan Masjid Al Hikmah yang lebih representatif dan nyaman untuk beribadah. Pembangunan sudah dimulai sejak Juni 2022. Laznas Nurul Hayat Semarang mengajak sahabat sejuk untuk mendukung dan membantu pembangunan masjid ini agar bisa segera digunakan oleh para jamaah.

        Alhamdulillah berkat dukungan sahabat sejuk semua, proses renovasi Masjid Al Hikmah dapat berjalan lancar. Perkembangan saat ini, pembangunan sudah sampai tahap pemasangan atap ruang utama dan rencananya akan digunakan untuk ibadah sholat sambil terus melanjutkan proses pembangunan.

        Semua donasi yang terkumpul melalui laznas Nurul Hayat akan diserahkan kepada pengurus masjid dalam bentuk bahan material sesuai kebutuhan pembangunan masjid. Beberapa bahan material yang dibutuhkan berupa:  70 batang besi ukuran D16, 290 batang besi ukuran 10, 4 rol bendrad, dan 70 batang besi ukuran 8.

        Mewakili pengurus Masjid AL Hikmah kami sampaikan ribuan terima kasih kepada seluruh sahabat sejuk yang telah mendukung program ini. Semoga apa yang telah sahabat berikan, menjadi jariyah yang pahalanya terus mengalir. Aamiin ya Rabbal Alamiin..


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel