photo

Zakatkita – Nurul Hayat melaporkan situasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur pada hari Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Gempa dengan kekuatan 5,6 SR yang berpusat di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur ini mengakibatkan setidaknya 162 korban meninggal dunia, 362 orang luka ringan hingga berat dan dilaporkan sebanyak 13.700-an warga mengungsi. Warga meninggal tersebar di Desa Rancagoong di Kecamatan Cilau, Desa Limbagansari di Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang. 

Sementara untuk kerusakan infrastruktur tercatat sebanyak 2.345 rumah rusak berat, 3 unit fasilitas peribadatan (Masjid Dekranasda, Masjid Desa Bonjot dan Masjid Desa Cikancana), 4 unit fasilitas kesehatan (RSUD Cianjur, RS. Dr. Hafidz, Puskesmas Cugenang dan PKBM), 10 unit fasilitas Pendidikan dan 2 unit jembatan.

Selain di Kabupaten Cianjur, kerusakan infrastruktur juga tercatat di Kabupaten Bogor sebanyak 46 rumah rusak, Kabupaten Sukabumi 443 rumah rusak, dan di Kota Sukabumi sebanyak 14 unit rumah rusak.

Gempa juga menyebabkan longsor yang menutup jalan lintas provinsi di Kabupaten Cianjur. Gempa susulan masih dirasakan di lapangan meski dengan kekuatan lebih kecil dari gempa sebelumnya. Menurut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, mengungkap bahwa listrik baru 20 persen menyala dan perlu tiga hari untuk kembali normal. Selain itu, sinyal seluler juga banyak terkendala.

Adapun kebutuhan mendesak yang diperlukan saat ini diantaranya Emergency Shelter Kit (tenda, terpal, selimut, alas tidur, sarung dan alat penerangan), perlengkapan sholat, popok anak dan dewasa, alat berat untuk evakuasi, bahan bakar minyak, obat-obatan, makanan siap saji, air mineral, ambulance dan layanan medis

Saat ini Tim Relawan Nurul Hayat sudah tiba di lokasi untuk proses asessment lanjutan dan pendistribusian bantuan. Mari kita bersatu untuk saling bantu meringankan beban warga terdampak di Cianjur dan sekitarnya melalui zakatkita.org/gempacianjur, tidak lupa juga kita do’akan bagi para warga yang terdampak agar diberikan kesabaran dan dikuatkan dalam menghadapi setiap ujian ini. Aamiin.