photo

Dua pekan setelah Hari Raya Qurban 2020, euforia masyarakat masih terasa sampai saat ini. Apalagi mendengar cerita para agen qurban yang memiliki keseruan masing – masing. Khususnya yang menyalurkan hewan qurban di luar Pulau Jawa.

 

Dari sekian banyak cerita, ini jadi salah satu yang bikin deg-degan dengarnya. Sempat beberapa hari tidak bisa dihubungi. Maklum, para agen qurban dituntut mengirim laporan dokumentasi qurban tepat setelah sembelih. Sehingga menjadi experience tersendiri bagi pengqurban. Rupanya di beberapa daerah susah sekali sinyalnya, harus menuju ketinggian terlebih dahulu atau keluar dari pedalaman.

 

Nah kali ini kita ajak para pembaca mengetahui perjalanan panjang salah satu agen kami yang berhasil masuk ke pedalaman Halmahera Timur – Maluku Utara. Ini bukan sekadar bisa ditempuh naik kendaraan jalur darat 2 – 3 jam sampai, tapi butuh beberapa hari untuk masuk ke pedalaman.



Empat hari jelang Idul Adha. Tepatnya hari Senin, karena qurban 2020 ini jatuh pada hari Jumat. Para agen qurban memulai perjalanan ke pedalaman Halmahera. Jika sudah masuk, kemungkinan akan sulit komunikasi dan tidak ada sinyal jaringan di pedalaman Halmahera.

 

Melintasi antar pulau, daratan hingga pegunungan Halmahera. Mereka berhari – hari larut  menapaki jalan dakwah qurban tanpa batas. Di sana para agen berhari raya qurban di tengah hutan rimba bersama suku terasing.

 

Berikut ini sebagai gambaran betapa sulit medan yang harus dicapai untuk penyaluran qurban di pedalaman Halmahera Timur - Maluku Utara. “Mohon maaf, kami masuk ke pedalaman itu taruhan nyawa. Karena jalan atau medan yang ekstrim, gunung yang  longsor terpaksa kami lewati.  Sungai banjir disebrangi yang jika tak kuat menahan, bisa hanyut terbawa arus.” Cerita Nur Hady agen kami di sana.

 

Lanjut Nur Hady: “Kemarin kami lakukan. Kami berhasil masuk ke pedalaman membutuhkan biaya transportasi yang besar untuk perjalanan PP (Pulang Pergi), sekitar 4-5 juta. Di pedalaman tidak ada listrik PLN dan sangat sulit sinyal bahkan nggak ada sinyal.

 

Selain naik kapal kayu, ini perjalanan darat kami di pedalaman, video bisa lihat di: 

https://www.instagram.com/p/CD5ZyRjpSTb/ 

Perjalanan naik gunung yang longsor dan sampingnya adalah jurang ke laut. Salah injak kaki, kita bisa jatuh ke jurang. Sepeda motor pun harus dibantu didorong orang.



Bersyukur semua perjalanan panjang itu dapat terlewati dengan selamat dan tergantikan dengan melihat kegembiraan yang terpancarkan dari masyarakat pedalaman Halmahera saat menerima daging hewan qurban. Sehari-hari mereka biasanya hanya makan seadanya dengan sayuran yang ada di sekitar mereka. Sering pula mereka makan nasi dengan kuah air teh manis.

 

Maklum, di pedalaman Halmahera ini masih sulit terjamah bantuan seperti daging qurban. Beberapa tokoh masyarakat sendiri yang mengatakan bahwa, di Desanya belum ada hewan qurban, bahkan selama 30 tahun lamanya.

 


Selain bahagia bisa berbagi qurban, ada 2 saudara kita di sana tertarik belajar Islam dan memutuskan menjadi muallaf. Alhamdulillah menambah rasa syukur kami program qurban salur daerah minus ini, sekaligus sebagai syiar Islam di pedalaman Halmahera supaya terus berkembang dan semarak semangat Islamnya.

 

Meski dalam kondisi pandemi, antusias menjalankan qurban di tengah pandemi masih tinggi, Alhamdulillah qurban Nurul Hayat dapat menyalurkan di mana tahun sebelumnya 21 provinsi, saat ini bisa hadir di 32 provinsi (Kecuali Jambi dan Bangka Belitung). Target kami ditahun berikutnya insyaAllah dapat melengkapi 34 provinsi.



Tentu semua ini berkat qurban dari #SahabatSejuk NH Zakatkita melalui qurban online, mereka di daerah minus di 32 Provinsi dapat merasakan kebahagiaan tepat di Hari Raya Qurban 2020.


Ribuan masyarakat, sebanyak 107.750 tahun ini merasakan kenikmatan daging hewan qurban. Dengan jumlah 4.452 pengqurban hadir berpartisipasi menyambut dengan sukacita ibadah qurban satu tahun sekali ini.

 


6 provinsi mendapat distribusi qurban kambing dan sapi. Sedangkan 24 provinsi, khususnya di luar pulau Jawa masyarakat mendapat penyaluran qurban sapi dapat dilihat di infographic berikut,


Biidznilah walhamdulillah tahun demi tahun jumlah pengqurban ke daerah minus terus bertambah. Banyak #Sahabatsejuk NH Zakatkita yang peduli dan ingin qurbannya lebih memberikan manfaat untuk penerima di daerah minus. Semoga Allah memberikan kebaikan-kebaikan, keberkahan untuk kita semua dan menerima Ibadah qurban kita. Aamiin

 

Semoga Allah memberikan kelapangan rezeki dan bisa kembali berqurban di tahun yang akan datang di daerah – daerah minus yang lebih membutuhkan. Aamiin. 


Bagikan ke Teman