photo

ZakatkitaNurul Hayat melaporkan situasi bencana angin puting beliung yang melanda Sidoarjo pada hari Minggu (23/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Ratusan rumah warga rusak parah, ada sebanyak 6 desa di 4 kecamatan yakni Desa Sidokepung dan Entalsewu di kecamatan Buduran, Desa Tanjungsari Kecamatan Taman, Desa Sawotratap Kecamatan Gedangan dan Desa Jati Kecamatan Kota Sidoarjo.

angin topan

Keadaan rumah yang rusak sedang maupun berat ada sekitar 276 rumah serta 1 tempat usaha. Peristiwa angin puting beliung ini mengakibatkan ratusan rumah rusak dikarenakan banyak bangunan yang kurang diperiksa secara berkala, terutama bangunan semipermanen.

Di sisi lain, pemukiman bisa rusak karena terkena angin ketika berada di dekat lahan terbuka. Jika pemukiman di dekat lahan terbuka, sangat mungkin akan berhembus kencang ke pemukiman yang disekitarnya. Menurut pakar kebencanaan ITS menyatakan bahwa warga dapat mengantisipasi kerusakan dengan rutin memeriksa kondisi pohon, bagian-bagian rumah serta benda besar disekeliling perkampungan.

Selain membuat rumah rusak, angin puting beliung di Sidoarjo juga mengakibatkan empat orang luka-luka. Dari keempat korban luka, hanya mengalami luka ringan dan telah dilakukan perawatan di Rumah Sakit, setelahnya langsung kembali pulang ke rumah masing-masing.

Bencana

Nurul hayat turut membantu dalam menurunkan personil untuk melaksanakan assessment serta menghimpun hingga mendistribusikan bantuan dari para donatur berupa pemberian terpal sebanyak 30 lembar bagi para warga yang terdampak. Adapun kebutuhan saat ini yang diperlukan diantaranya alat-alat kebersihan, perlengkapan dapur dan terpal.

Diantara warga yang terdampak, salah satunya Ibu Roebiyati. Ibu Roebiyati seorang janda yang tinggal bersama satu anak dan cucunya, saat ini rumah beserta warungnya mengalami kerusakan hingga 70%. Warung depan rumah Ibu Roebiyati merupakan pijakan ekonomi keluarganya, namun kini rusak parah akibat angin puting beliung.

Baca juga: Superhero Beramal Tetap Galang Dana di Masa Pandemi untuk Bantu Penyintas Bencana Alam

Mari gotong-royong membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana angin puting beliung dengan klik zakatkita.org/putingbeliung


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel