photo

        Alhamdulillah, program wakaf sumur bor untuk Pondok Pesantren Nurul Qur’an Sunan Kalijaga yang terletak di Dusun Andelan, Desa Sumberkencono, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi  telah diresmikan beberapa waktu yang lalu. Secara seremonial sumur bor diresmikan langsung oleh Kepala Cabang Nurul Hayat Banyuwangi, M. Farid Hamasi, pada hari Jumat, 8 Maret 2022 sekira pukul 13.00 WIB. Acara serah terima yang diadakan di lokasi wakaf sumur ini dihadiri oleh pengasuh, Ketua Yayasan, pengurus, Dewan Asatidz, serta para santri dan masyarakat sekitar.

        Proses pembuatan sumur bor ini dikerjakan dalam kurun waktu kurang lebih sebulan. Dimulai dari peletakan batu pertama, pengeboran, hingga pekerjaan pembuatan tandon air, alhamdulillah kesemuanya berjalan dengan baik. Dalam perjalanannya, tentunya bukan tanpa kendala sama sekali. Namun berkat kegigihan para tukang di lapangan, kendala demi kendala tersebut dapat teratasi. Hanya faktor alam atau cuaca (seperti: hujan lebat disertai angin) yang sempat membuat pekerjaan terpaksa dihentikan karena terlalu berbahaya bagi para pekerja.

        Pondok Pesantren Sunan Kalijaga sendiri, merupakan pesantren dengan sekolah-sekolah formal di dalamnya. Berbagai jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, hingga Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis entrepreuneur kelautan ada di sini. Menariknya, tidak kurang dari 90% santri yang bermukim di pesantren ini merupakan anak-anak yatim dan dari keluarga dhuafa. Mereka tidak dipungut biaya sepersenpun alias gratis. Sekolah, mondok, makan 3 kali, kitab, dan kebutuhan lainnya yang menunjang kegiatan para santri, ditanggung oleh yayasan. InsyaAllah, jariyah para sahabat sejuk Nurul Hayat sangatlah berarti sekali, baik bagi pesantren, juga bagi mereka yang tinggal di dalamnya. Apalagi wakaf sumur bor ini, selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih pesantren, juga dijariyahkan untuk kebutuhan air minum masyarakat sekitar Dusun Andelan.

        Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Sahabat Sejuk Nurul Hayat di mana pun berada, yang telah menitipkan jariyahnya guna kelancaran program Wakaf Sumur Bor ini. Semoga setiap tetes air yang mengalir, menjadi pahala yang mengalir juga bagi Sahabat Sejuk semuanya. Amin Ya Rabbal Alamin.



Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel