NH Zakat Kita Semarang sudah menyelesaikan bedah rumah. Rumah pak Dedy kini lebih layak untuk di tempati. Dulu saat awal kami survey, kondisi rumah beliau sungguh memprihatinkan. Bisa dibilang juga (maaf) seperti kandang ayam. Bahkan ada beberapa bagian dinding rumah yang sudah berlubang. Karena hanya terbuat dari anyaman bambu. Belum lagi lantainya juga ada yang longsor.

Didalam rumah sederhana itu, ternyata di tempati 2KK, pak Dedy dan istri, kemudian anaknya beserta cucunya. Dengan total penghuni ada 6 orang.
Pekerjaan pak Dedy sehari-hari sebagai tukang parkir, istrinya bekerja momong bayi, sedangkan anaknya seorang janda tidak bekerja, hanya dirumah saja. Karena masih memiliki balita. 2 cucunya lagi saat ini kelas 4 dan 6 SD.

Rumah dak Dedy ini letaknya di lereng bukit sendangguwo. Alamat lengkapnya di sendangguwo baru RT 18 RW 9 kelurahan Sendangguwo kecamatan Tembalang. Iya, bagian dapur pak Dedy sempat longsor, tetapi beliau tidak mampu memperbaikinya. “Gimana mau memperbaiki, untuk biaya makan saja susah pak.” Itu yang disampaikan pak Dedy ketika awal kami survey.

Setelah koordinasi dengan tukang bangunan, akhirnya kami putuskan membuat desain bangunan menggunakan bata ringan. Mengingat kontruksi tersebut lebih kuat dan tahan lama disbanding anyaman bamboo dan kayu.
Waktu pengerjaan kami mulai sejak tanggal 5 Agustus 2020. Pembangunan ini pun penuh dengan perjuangan. Mulai dari melangsir material. Karena lokasinya di lereng bukit, kami harus menyiasati dengan membuat seluncuran. Bukan untuk wahana permainan, tetapi untuk melangsir material, seperti pasir, bata ringan, semen, sampe asbes dan material lainnya.

Alhamdulillah pengerjaan ini dapat diselesaikan selama kurang dari 1 bulan. Dan rumah ini kami serah terimakan pada hari kamis tanggal 3 September 2020.
Acara serah terima rumah baru ini dihadiri pak Lurah Sendangguwo, perwakilan Kecamatan Tembalang, Branch Manager Nurul Hayat Semarang. Beberapa warga sekitar juga ada yang hadir. Acara serah terima ini bagaikan film drama. Ada satu momen dimana pak Dedy sempat melakukan sujud syukur, yang menjadikan suasana teras haru penuh syukur.

“Kami pemerintah kelurahan sendangguwo mengucapkan banyak terima kasih, atas peran serta dari lembaga amil zakat Nurul Hayat, yang telah sudi memberikan renovasi rumah kepada warga kami. Yang sudah membangunkan rumah yang bagus dan kokoh, sehingga terlihat ideal untuk tempat tinggal. Semoga apa yang sudah disalurkan oleh donatur Nurul hayat, dibalas oleh Allah SWT.” Ucap pak Agustinus Kristiono selaku Lurah Sendangguwo.

“Alhamdulillah rumah pak Dedy saat ini sudah jadi, sudah tidak bocor lagi, semoga rumah ini dapat bermanfaat. Dengan adanya rumah baru ini semoga semakin menambah lagi rasa syukurnya. Semakin ditingkatkan ibadahnya pada Allah SWT.” Tambahan dari pak Arfanu Romlan, selaku Branch Manager Nurul Hayat Semarang
Terima kasih atas bantuan dan dukungan dari teman-teman relawan dan juga donatur Nurul Hayat, sehingga dapat menjadikan rumah pak Dedy menjadi lebih baik dari sebelumnya. Semoga Allah membalas setiap kebaikan yang kita berikan. Aamiin…


Bagikan ke Teman