photo

Kairo, Mesir — Momentum gencatan senjata disambut suka cita rakyat Gaza dan Tepi Barat. Suasana haru biru pertukaran tawanan perang kedua belah pihak mewarnai rakyat Gaza selama empat hari ini.

Indonesian Humanitarian Alliance bersama lembaga-lembaga kemanusiaan seperti Dompet Dhuafa, Human Initiative, Nurul Hayat, MuhammadiyahAid, Rumah Zakat, YDSF, DT Peduli, Yatim Mandiri, LMI, BMH, dan Lembaga Zakat anggota Forum Zakat tergerak untuk melakukan percepatan distribusi bantuan ke Gaza. Paket bantuan dari para donatur melalui lembaga-lembaga IHA untuk Palestina siap menuju Gerbang Rafah.

Tim kemanusiaan Indonesian Humanitarian Alliance yang sedang berada di Mesir secara langsung mengawasi proses pemuatan barang bantuan ke dalam Truk Kemanusiaan yang akan beriringan dari gudang logistik Kairo menuju Gerbang Rafah.

Kholaf Hibatulloh selaku Anggota Delegasi Tim Kemanusiaan IHA menyampaikan, “Alhamdulillah, akhirnya kita melepas rangkaian truk kemanusiaan untuk rakyat Palestina. Hari ini Senin (27/11) pagi waktu Kairo, kita melepas Konvoi 11 Truk Kemanusiaan dengan berat bantuan mencapai 176 ton dari Indonesian Humanitarian Alliance. Perjalanannya diperkirakan akan memakan waktu sekitar 14 jam mulai dari Kairo ke El Arish sampai Pintu Rafah.”

“Bantuan ini berisikan paket makanan kering seperti tepung, susu, makaroni, beras, keju, pasta kacang, daging kalengan, dan air mineral. Tidak lupa obat-obatan serta kebutuhan musim dingin juga masuk ke dalamnya.” lanjut Kholaf.

Sebelumnya IHA juga sudah mengirimkan bantuan bersama Kemenlu dalam dua paket sebanyak 6 ton melalui jalur udara yang dilepas oleh Presiden Jokowi.

Semoga seluruh bantuan yang dikirimkan dalam beberapa gelombang ini bisa segera diterima oleh masyarakat Palestina dan dirasakan manfaatnya. Palestina masih membutuhkan bantuan kita cukup panjang, masa tanggap darurat akan dilanjutkan ke recovery kemudian rekronstruksi dan rehabilitasi, kolaborasi semua pihak akan semakin memudahkan penyelesaian masalah sosial disana.

IHA merupakan adalah konsorsium lembaga kemanusiaan dan ziswaf di Indonesia yang terdiri atas Dompet Dhuafa, Human Initiative, Nurul Hayat, Rumah Zakat, BMH, Yatim Mandiri, DT Peduli, MuhammadiyahAid, LMI, YDSF, dan Lembaga Zakat Anggota Forum Zakat.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel