photo

ZAKAT GRESIK - Kegiatan rutin kita setiap bulan. Program di sektor sosial-kemanusiaan. Berbagi kebahagiaan dengan santri-santri TPQ pelosok desa. Dari alokasi dana setiap bulannya, rata-rata kita mengunjungi tiga TPQ. Dengan kebutuhan sarana yang berbeda. Ada yang butuh meja lipat, papan tulis, Al Qur’an, lemari penyimpanan Al Qur’an, kipas angin.

Seperti yang kita lakukan kali ini. Berkunjung ke TPQ Bahrul Ilmi. Yang berlokasi di Dusun Prambon, Desa Bulangkulon, Kecamatan Benjeng, Gresik.

TPQ Bahrul Ilmi merupakan TPQ milik pribadi. Awalnya Ustadz Imron, pemilik rumah. Ditunjuk oleh TPQ induk yang sudah ada di dusun untuk terlibat lebih banyak dengan santri-santri yang rumahnya jauh. Disamping memang santrinya terus bertambah. Tempat yang kurang memadai. Dengan niat mendedikasikan waktu, tenaga, dan ilmunya. Agar rumahnya lebih berkah. Akhirnya sebagian ada yang ke TPQ Bahrul Ilmi. Ada juga yang kelas lanjutan. Fokus menghafal.

Ada yang sudah 3 juz. Ada yang 5 juz, Atika. Yang kerudung kuning. Tidak hanya dari dusun setempat. Tetangga dusun pun ada yang bergabung. Bagi anak-anak, mereka lebih suka yang terdekat. Tidak ada infaq untuk bisyaroh asatidz. Semuanya gratis. Bagi Ustadz Imron, mereka mau mengaji. Karena banyak diantara mereka yang tidak mau mengaji.

Alhamdulillah bisa mendukung beliau-beliau. Dalam mengabdikan diri untuk belajar dan mempelajari kalamullah. Semoga bisa bermanfaat untuk proses belajar mengajar di TPQ. Semoga donasi yang diamanahkan juga menjadi pahala jariyah. Setiap huruf yang dipelajari dapat diamalkan kembali. Dan tak terputus jariyahnya sekalipun sarana yang kita berikan habis atau rusak. Setidaknya karena sarana yang diberikan, mereka bisa belajar Al-Qur’an dengan nyaman.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel