photo

Nama beliau Pak Lukman. Beliau tinggal di Desa Tanjung Gunung, Kec. Peterongan, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Tubuh Pak Lukman sangat kurus. Berat badannya hanya 28 Kg. Sejak awal tahun 2023 Pak Lukman menderita punyumbatan saluran pencernaan. Akibatnya beliau tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman melalui lambung. Hanya bisa mengonsumsi susu. Itu pun harus melalui selang yang dipasang di hidung. Hal ini harus dilakukan, sebab setiap dicoba makan dan minum, lambung beliau berkontraksi lalu muntah. Inilah yang menjadi penyebab berat badan beliau terus menurun.

Pak Lukman rutin melakukan kontrol ke RSUD Soetomo. Untuk biaya berobat alhamdulillah di-cover BPJS KIS dari pemerintah. Solusi dari tim medis agar berat badan beliau tidak terus menurun adalah dengan dilakukan operasi dan penambahan nutrisi melalui susu yang direkomendasikan dokter.

Sebelum sakit, Pak Lukman bekerja sebagai cleaning service. Beliau memilik 2 anak yang masih kecil. Anak pertama berusia 10 tahun, sedangkan anak kedua 4 tahun. Saat ini yang menjadi tulang punggung keluarga adalah istrinya dengan berjualan nasi untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari.

Nurul Hayat mengajak sahabat sejuk untuk membantu Pak Lukman terkait akomodasi kontrol ke RSUD Soetomo dan kebutuhan susu agar nutrisi beliau tercukupi.

Kabar terkini, Pak Lukman telah beberapa kali menerima bantuan dari sahabat sejuk Nurul Hayat. Bantuan itu sangat berarti bagi beliau. Dan beliaupun semangat untuk sembuh dari sakitnya. Namun Allah Ta’ala berkehendak lain. Pak Lukman meninggal saat sedang menjalani perawatan di RS Soetomo Surabaya.

Beberapa waktu yang lalu, kami bersilaturahmi ke rumah beliau. Menemui istri beliau. Masih terlihat jelas kesedihan di mata Bu Lilik, istri Pak Lukman. Kini beliau menjadi tulang punggung sepenuhnya bagi kedua anaknya.

Terima kasih kami ucapkan kepada segenap sahabat sejuk Nurul Hayat yang telah membantu Pak Lukman dan keluarga. Semoga kebaikan sahabat sejuk dibalas berlipat ganda oleh Allah Ta’ala. Semoga Almarhum Pak Lukman diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Serta semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel