photo

        Pesantren Yatim Penghafal Al-Qur’an Annafilah merupakan pusat pemberdayaan dan pendidikan penghafal Al-Quran yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat pinggiran utamanya masyarakat bantaran sungai dan anak-anak yatim dhuafa yang ada di Surabaya dan Sidoarjo.

        Sebelum berkomitmen kuat untuk mendirikan pesantren, Annafilah sendiri merupakan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya dilakukan di rumah ustadz ustadzah tenaga pengajar TPQ, juga di rumah rumah warga kampung bantaran sungai yang saat ini dikenal dengan KAMPUNG MENGAJI.

        Karena minat belajar masyarakat yang berdomisili di bantaran sungai sekitar Surabaya dan Sidoarjo semakin meningkat, maka pengurus dan segenap tenaga pengajar di TPQ Annafilah berusaha untuk membangun Pesantren Tahfidz Yatim. Namun usaha ini bukan tanpa tantangan. Salah satu tantangan tersebut adalah, di kota besar macam Surabaya dan Sidoarjo ini sulit mendapatkan lahan yang murah dengan lingkungan yang kondusif untuk lingkungan pesantren.

        Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, tantangan tersebut bisa teratasi. Pada tahun 2020, pengurus akhirnya bisa membeli lahan seluas 600 x 1600 meter untuk mewujudkan mimpi membangun pesantren sebagai pusat belajar dan mengajar Al Quran.

        Jumlah santri Annafilah sendiri yaitu sebanyak 40 anak yatim. Sedangkan untuk masyarakat bantaran sungai yang selama ini aktif kegiatan di KAMPUNG MENGAJI sudah mencapai 90 orang. Harapan seluruh santri dan masyarakat sekitar agar pesantren segera terwujud sehingga anak-anak bisa merasakan fasilitas tempat belajar yang nyaman dan kondusif.

        Alhamdulillah, Laznas Nurul Hayat bersama sahabat sejuk mendukung pembangunan Pesantren Yatim Penghafal Quran Annafilah. Dukungan tersebut berupa bantuan pelunasan tunggakan di toko bangunan dan hutang ke pemborong yang nilainya hampir mencapai 100 juta rupiah. Alhamdulillah untuk progres pembangunan sendiri, saat ini sudah mencapai 80% dan sudah menuju tahap finishing.

        Kami mewakili keluarga besar Yayasan Annafilah menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi sahabat sejuk selama ini. Semoga Allah ta’ala membalas dengan sebaik-baik balasan. Aamiin ya Rabbal Alamiin..


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel