photo

Amalan Saat Terjadi Gerhana -  Hari ini, pada tanggal 8 November 2022 telah terjadi Gerhana Bulan Total yang merupakan fenomena astronomis dimana terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Perisiwa ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah.

Dalam islam, gerhana bulan disebut juga sebagai Khusuful Qamar. Saat terjadi Khusuful Qamar ini, maka kaum muslimin dianjurkan untuk melaksanakan shalat khusuf atau shalat gerhana. Pada shalat gerhana terkandung makna mendalam akan tanda kuasa Allah seperti yang disebutkan dalam hadist, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha disebutkan bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لاَ يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ اللَّهُ بِهِمَا عِبَادَهُ

“Sesungguhnya ketika tertutup cahaya matahari dan bulan (gerhana) bukanlah sebab karena ada yang mati atau karena ada yang hidup, namun itu adalah tanda kuasa Allah untuk menakut-nakuti hamba-Nya dengan terjadi gerhana tersebut.” (HR. Muslim, no. 901)



Selain menyegerakan shalat saat melihat gerhana, Allah juga memerintahkan kaum muslimin untuk melakukan beberapa amalan kebaikan, diantaranya memperbanyak dzikir, istighfar, takbir, sedekah serta bentuk ketaatan lainnya. Seperti yang disebutkan pada hadist berikut ;

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

”Jika melihat gerhana maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari, no. 1044)

Dari amalan yang telah disebutkan, jelas bahwa Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menjalankan amalan-amalan kebaikan yang diantaranya adalah memperbanyak sedekah. Bagi Sahabat yang ingin bersedekah pada momen gerhana bulan ini dapat menyalurkannya melalui zakatkita.org.

Semoga sedekah yang kita keluarkan bisa memberikan kebaikan dan pahala yang berlimpah untuk kita serta memberikan kebahagiaan bagi penerima manfaat. Aamiin.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel