photo

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS An Nisaa ayat 114)

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menyisihkan hartanya untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Salah satunya dengan bersedekah. Karena Allah sangat menyukai amalan bersedekah, seperti yang disampaikan dalam surat An Nisaa ayat 114. Balasan orang  yang beramal sedekah, Allahb S.W.T akan memberikan pahala yang besar.

Sedekah berasal dari bahasa Arab Shodaqoh yang memiliki artian pemberian yang diberikan oleh seseorang ke orang lain secara spontan dan sukarela tanpa ada batasan jumlah atau tenggat waktu tertentu. Amalan sedekah ini lebih luas maknanya daripada zakat ataupun infak. Karena sedekah bisa berupa apapun termasuk amalan amalan kecil, amalan baik yang dilakukan kepada orang lain, termasuk tersenyum. Karena menurut hadist : “Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956). 

Sedekah juga bisa diberikan kepada siapapun, tidak ada batasan penerima sedekah. Sedekah bisa diamalkan kapan saja, tidak ada ketentuan waktu untuk mengamalkan sedekah. 

Adapun keutamaan- keutamaan bersedekah adalah

  1. Dihapuskan Dosa-Dosanya

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).


Sedekah, itulah cara mudah yang disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa kita. Cukup dengan tersenyum saja, Anda sudah bersedekah karena senyum adalah salah satu sedekah termudah yang dapat kita sebarkan dengan mengukir garis senyum di bibir kita.


  1. Terdapat Pintu Surga yang Hanya Bisa Dimasuki oleh Orang-Orang yang Bersedekah

Begitu pula bagi orang yang suka bersedekah. Di surga nanti, dia akan dipanggil oleh pintu khusus untuk orang-orang yang suka bersedekah Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari berikut ini, yang artinya: “Barang siapa termasuk orang yang senantiasa bersedekah maka dia akan dipanggil masuk surga lewat pintu sedekah”


  1. Dilipat gandakan harta dan pahalanya

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)
Seperti yang disampaikan dalam ayat diatas, Allah akan melipat gandakan pahala dan harta orang yang meminjamkan hartanya dalam bentuk pinjaman yang baik (sedekah)


  1. Dijauhkan Dari Api Neraka
    Dengan bersedekah kita akan dijauhkan dari api nereka, walaupun bersedekah hanya dengan kalimah thayyibah. Sedekah dengan apapun itu akan menjauhkan kita dari api neraka seperti hadist Rasulullah S.A.W : “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.”


  1. Diberikan Keberkahan Harta
    “Katakanlah, Sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rejeki bagi siapa saja yang dia kehendaki diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi (siapa yang dia kehehendaki-Nya). Dan apa yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rejeki sebaik-baiknya.” (Qs. Saba ; 39)
    Seperti apa yang disampaikan dalam surat Saba ayat 39, Allah akan melapangkan rejeki bagi siapa yang bersedekah atau menginfakkan rezekinya.


Kini, agar dapat memudahkan Anda untuk bersedekah, LAZNAS NH Zakat Kita hadir dengan platform zakat,infak, dan sedekah yang mudah lewat zakatkita.org . Di platform zakatkita.org Anda bisa memilih program kebaikan yang sesai dengan Anda, dan pilihan program kebaikan yang banyak dan beragam. Melalui platform zakatkita.org bersedekah, infak dan zakat menjadi lebih mudah dan praktis, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dan juga, pemilih metode transaksi yang mudah dapat mempermudah Anda. Mulai dari Gopay, VA, atau transfer. 

Yuk bersama-sama #BerbagiKebaikan mudah lewat zakatkita.org



Bagikan ke Teman