photo


Nuzulul Qur'an Memotivasi Kita Dekat dengan Al-Qur'an - Nuzulul Qur’an merupakan waktu dimana Al-Qur’an pertama kali diturunkan. Nuzulul Qur’an lazim diperingati setiap malam ke 17 bulan Ramadhan. Ibnu Katsir rahimahullah berkata,

“Bulan Ramadhan adalah bulan pilihan diturunkannya Al-Qurán yang mulia. Bahkan kitab suci ilahiyah juga diturunkan oleh Allah di bulan Ramadhan pada para nabi.”(Tafsir Al-Qurán Al-Ázhim, 2:57).

Dalam proses turunnya Al-Qur’an secara bertahap, wahyu pertama yang diterima Nabi adalah Surat al-‘Alaq dari ayat satu sampai lima. Saat Nabi mencapai usia 40 tahun, Allah mengutusnya untuk alam semesta, mengeluarkan mereka dari sesatnya kebodohan menuju terangnya pengetahuan. Tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum hijrah, Nabi menerima wahyu untuk pertama kalinya. Perbedaan pendapat mengenai kapan wahyu pertama turun memang tidak bisa dihindari. Selain tanggal 17 Ramadhan ada pula yang berpendapat terjadi tanggal 7, 8, dan 21 Ramadhan. Bahkan beberapa pendapat ada yang menyebut bukan di bulan Ramadhan. 

Di Indonesia, banyak cara masyarakat dalam memperingati Nuzulul Qur’an yang diantaranya seperti tumpengan, khataman Al-Qur’an, istighotsah dan lain sebagainya. LAZNAS Nurul Hayat pun juga turut memperingati Nuzulul Qur’an di hari Jum’at (7/4/2023) menjelang buka puasa hingga malam hari yang bertempat di Hall An-Nur Gedung Dakwah Yayasan Nurul Hayat, Surabaya.

nuzulul qur'an memotivasi kita untuk dekat dengan alqur'anAcara ini dihadiri oleh para santri LAZNAS Nurul Hayat, namun juga dapat kita saksikan bersama secara LIVE di youtube Nurul Hayat Channel. Dalam kegiatan ini akan berlangsung serangkaian acara khataman akbar, do’a bersama, buka bersama. selain itu, acara ini menjadi lebih spesial karena ada 4 Santri yang menyelesaikan Ujian Tahfidz 30 Juz sekali duduk dan 15 Santri yang menyelesaikan hafalan 30 Juz.

Semoga dalam kegiatan ini kita dapat melangitkan doa-doa kita bersama 1.000 penghafal Al-Qur’an. Dan semoga dapat menambah semangat kita untuk semakin dekat dengan Al-Qur’an serta dapat memotivasi kita untuk tidak hanya sekedar membaca, tapi juga mentadabburi, menghafal, maupun mengamalkan isi dari Al-Qur’an.

Bagi SahabatSejuk yang ingin mendapatkan pahala jariyah tak terputus di setiap satu huruf Al-Qur'an yang bernilai sepulu kebaikan, SahabatSejuk dapat mengikuti program Wakaf 100.000 Al-Qur'an untuk Negeri dengan cara yang mudah melalui zakatkita.org/quran.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel