photo

Menjalin Silaturahmi, Inilah Perintah dan Keutamaannya

Silaturahmi lazim dilakukan umat muslim dengan cara saling mengunjungi keluarga, kerabat, dan sahabat lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjalin dan menjaga hubungan baik.

Selain itu, silaturahmi menjadi salah satu sarana untuk memperoleh ridho dan pahala di sisi Allah SWT, sekaligus untuk mendapatkan kelapangan rezeki di dunia.

Rasulullah SAW pernah bersabda, siapa saja yang ingin dilapangkan rezekinya oleh Allah, dipanjangkan umurnya, maka hendaklah mempererat jalinan silaturahim dengan saudara-saudaranya. Hal ini dinilai sebagai sebuah shadaqah oleh Allah.

Perintah Menjalin Silaturahmi

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ، ذَرْهَ

Artinya: "Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara." (HR Bukhari).

Selain itu, ada hadist dari Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang silaturahmi yang dapat menjauhkan dari rusaknya hubungan persaudaraan antar sesama.

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِي إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Artinya: "Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat (relatives) merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya." (HR Bukhari).

Bahkan, siapa saja umat muslim yang memutus silaturahmi akan mendapatkan balasan dari Allah dan terancam dosa.

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِي الدُّنْيَا - مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِي الآخِرَةِ - مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

Artinya: "Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia -bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat- daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi." (HR Abu Daud).

Keutamaan Silaturahmi

Selain adanya perintah kewajiban untuk silaturahmi, ada keutamaan dan keuntungan bagi para muslim yang mempertahankan hubungan baiknya, salah satunya akan masuk surga dengan selamat. Rasulullah SAW bersabda,

يا أيُّها النَّاسُ أفشوا السَّلامَ، وأطعِموا الطَّعامَ، وصِلوا الأرحامَ، وصلُّوا باللَّيلِ، والنَّاسُ نيامٌ، تدخلوا الجنَّةَ بسَلامٍ

"Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah).

Nah itulah perintah dan keutamaan dalam menjalin silaturahmi atau silaturahim antar umat muslim. Jangan lupa baca juga Cara Menghitung Zakat Mal Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel