photo

Oleh : Ahmad


Alhamdulillah, puji syukur kita bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan. Bulan istimewa yang penuh rahmat dan ampunan. Pada bulan suci ini, semua ibadah dan amalan yang kita lakukan akan mendapat pahala berlipat ganda, pintu surga dibuka, dan pintu neraka ditutup. Tidak salah rasanya jika di bulan mulia ini seluruh umat Islam berlomba-lomba beribadah dan melakukan berbagai perbuatan baik. 


Ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan. Apa saja kebaikan-kebaikan itu? Mari kita ulas satu per satu: 

Puasa 


Ibadah wajib saat bulan Ramadhan adalah berpuasa. Selain menahan diri dari lapar dan haus, berpuasa juga harus mampu menjaga diri dari emosi, perbuatan maksiat dan hawa nafsu. Setiap amalan yang dikerjakan saat berpuasa akan dilipatgandakan. Dosa-dosa yang diperbuat di masa lalu akan diampuni oleh Allah . Hal ini seperti tercermin dalam satu sabda Rasulullah ﷺ: “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Sabda lain dari Rasulullah yang menggambarkan istimewanya puasa pada bulan Ramadhan adalah berikut ini: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.’ Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim). 


Membaca Alquran 


Salah satu kebaikan lain di bulan Ramadhan adalah membaca Alquran. Membaca Alquran menjadi salah satu amalan yang wajib dilakukan. Walaupun hanya membaca satu huruf, Allah akan memberikan banyak pahala untuk umatnya. 


Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” ( HR. At-Tirmidzi)


Melaksanakan Sholat Sunah dan Sholat Malam 


Selain dua kebaikan yang telah disebutkan di atas, kebaikan lain yang juga dapat dikerjakan di bulan Ramadhan adalah mengerjakan sholat sunah dan sholat malam. Sholat sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dikerjakan di bulan suci di antaranya adalah sholat tarawih, witir dan tahajud. 


Sholat tahajud pada bulan Ramadhan sangatlah istimewa. Keistimewaannya dapat kita lihat pada sabda Rasulullah berikut ini: “Sesungguhnya Allah telah memfardukan puasa Ramadhan dan aku telah mensunahkan bagimu shalat di malam harinya. Maka barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat sunah di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dari Allah, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Bersedekah 


Bersedekah juga termasuk salah satu kebaikan yang dapat dikerjakan oleh umat Islam. Allah Ta’ala menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Banyak keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan, yaitu menghapus dosa, mendapatkan naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta dan mendapat pahala berlipat ganda.


Itulah berbagai kebaikan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Salah satu kebaikan berbuah pahala adalah berzakat dan bersedekah.

Ayo, berlomba-lomba dalam kebaikan pada bulan Ramadhan!


Artikel Terkait :
1. Cara Hitung Zakat
2. Pentingnya Zakat Fitrah
3. Zakat Bersihkan Jiwa dan Harta

Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel