Cinque Terre

Kami Sayang Adik Aqila Bayi 1,5 Tahun Penderita Hidrosefalus

Lubuk baja, 29 Juli 2016.

Aqila putri kami... terdeteksi hydrocepalus semenjak usia kandungan 3 bulan. Aqila lahir melalui operasi caesar. Saat lahir ukuran kepala Aqila sudah terlihat berbeda dari kepala bayi normal pada umumnya. Aqila dirawat 2 pekan di NICU salah satu RS di Batam, setelah itu dirujuk ke RS Umum yang lebih besar karena di RS sebelumnya tidak ada Dokter Spesialis Bedah syaraf. 

Saat usia 5 pekan, Aqila di rawat di RS Umum di Batam dengan tujuan operasi pemasangan VP shunt mengingat ukuran kepala Aqila semakin besar. Baru 3 hari di rawat, kepala Aqila bocor dan mengempis padahal operasi belum dilakukan. Bocornya kepala Aqila karena ada luka di kepala bagian belakang. Dan parahnya Aqila diminta pulang ke rumah dengan kondisi kepala bocor. Alhasil rencana pemasangan VP shunt tertunda karena kondisi Aqila belum memungkinkan. Kami merawat kepala Aqila ala kadarnya di rumah dengan obat - obatan herbal. Karena minimnya pemasukan keluarga kami. 

Kami tak putus asa, dengan uang yang sedikit kami ikhtiar melalui pengobatan alternatif dan herbal. Usia 5 bulan tulang kepala Aqila mulai bergeser ke bawah dan akhirnya melipat. Dikarenakan Aqila tidur dengan posisi miring terus menerus karena ia tak mampu tidur dengan posisi terlentang. Karena ada luka di kepala bagian belakang Aqila. Kami bawa Aqila kembali ke RS, dokter bilang tidak bisa membantu apa-apa dikarenakan tulang kepala Aqila sudah mengeras. Dan kami diminta pulang saja. 

Alhamdulillah, Allah sebaik-baik Perencana. Ada dokter yang baik hati yang mau membantu Aqila, dr. Indri Laksmi Putri beliau salah satu dokter spesialis bedah plastik RS Unair Surabaya. Dokter Putri mengatakan masih ada harapan Aqila untuk rekonstruksi kepala sebelum usia Qila 2 tahun. 

Kami sangat senang, namun segera terdiam sebab keterbatasan biaya dan tidak dapat segera membawa Qila. Hingga tiba-tiba di ubun-ubun kepala Aqila tumbuh beberapa benjolan dan bertambah banyak setiap harinya. Frekuensi rewel Aqila meningkat drastis, menangis terus menerus. Seperti menahankan sakit yang tak terhankan. Tapi saya tak mampu menolong Aqila, kami mencoba membawa Aqila ke RS lagi. Dokter di Batam menyampaikan bahwa cairan otak Aqila mulai berproduksi lagi dan ditakutkan jika terlambat penanganan akan terjadi infeksi. Dada ini semakin sesak mendengar penjelasan dokter itu. 

Maha besar Allah. Doa kami selama ini di dengar Allah SWT, ada orang yang baik hati memberi kami bantuan, sehingga kami bisa membeli tiket untuk berangkat ke surabaya. 

Sesampainya di Surabaya, Alhamdulillah Aqila ditangani dengan baik dan cepat di RS Unair. Kami menggunakan BPJS kelas 3 kami di sana. Qila ditangani 3 Dokter spesialis: Indri Lakhsmi Putri SpBP-RE (KKF) dokter Ahli Bedah Rekonstruksi, Teddy Apriawan SpBS selaku dokter bedah syaraf, dan M.Nurdin SpM selaku dokter specialis mata, memeriksa Aqila dengan teliti dan selengkap mungkin. Mereka memutuskan segera melakukan operasi Rekonstruksi pada kepala Aqila. Serta memasang VP shunt pada kepala Aqila jika cairan pada otak tidak ada bakteri dan memperbaiki mata Aqila, kemudian Aqila melalui serangkaian tes darah, MRİ, dan tes lainya untuk mengetahui pasti kondisi tubuh dan kepala Aqila. 

Hasil MRİ, sekitar 5% otak Aqila yg masih bisa diselamatkan, benjolan-benjolan yang tumbuh di kepala Aqila ternyata kista. Penyakit baru lagi untuk Qila. Dokter bedah syaraf menyampaikan kista tersebut akan dipecahkan satu persatu, dikumpulkan dan diambil. Dokter spesialis mata menyampaikan bahwa kornea mata Aqila terdapat luka yang cukup luas di mata sebelah kiri sehingga mata bagian kiri sulit untuk ditolong. Pada bagian mata sebelah kanan diberikan obat agar luka tidak semakin luas. Respon penglihatannya pun turun. Dokter menyampaikan sekitar 5% fungsi mata Aqila yang dapat ditolong.

Mari bantu keluarga kecil ini untuk biaya pengobatan adik Aqila. Donasi dapat disampaikan melalui: 

1. TRANSFER

BCA 6750 170 666 

BNI Syariah 01 4554 3408 

a.n Yayasan Nurul Hayat 

2. Via zakatkita http://gg.gg/adikaqila

3. Via kitabisa https://kitabisa.com/adikaqila

------------------------------------ 

Lembaga Amil Zakat dan Wakaf Nasional Nurul Hayat SK Menteri Agama RI No. 422 tahun 2015 

Website: nurulhayat.org / zakatkita.org 

Email: salam@nurulhayat.org 

Whatsapp: http://gg.gg/chat082230773077

1%

Rp 150.345 terdanai

Dari Rp 50.000.000 dibutuhkan