Cinque Terre

TANGGAP BENCANA NUSANTARA

Fenomena Siklon Tropis Cempaka telah menyebabkan bencana banjir, longsor dan puting beliung. BMKG telah menyampaikan peringatan dini adanya siklon tropis Cempaka yang berada di perairan sekitar 32 km sebelah selatan-tenggara Pacitan Provinsi Jawa Timur. Dampak dari siklon tropis Cempaka adalah cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, dan gelombang tinggi di Jawa dan Bali.

Cuaca ekstrem telah menyebabkan banjir, longsor dan puting beliung di 21 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali. Data sementara yang dihimpun Posko BNPB (28/11), bencana tersebut terjadi di Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Serang, Sukabumi, Purworejo, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus, dan Sukoharjo.

Kondisi ini menyusul kabar erupsi Gunung Agung yang terus meningkat sehingga statusnya menjadi Awas yang merupakan status tertinggi untuk gunung api (level 4) sejak Senin (27/11) kemarin. Kepulan abu yang menerus disertai erupsi eksplosif disertai suara dentuman lemah yang terdengar sampai jarak 12 km dari puncak. Sinar api semakin sering teramati di malam hari berikutnya. Ini menandakan potensi letusan yang lebih besar akan segera terjadi.

Terjadinya sejumlah kejadian bencana ini, tim SIGAB (Siaga Bencana) Nurul Hayat tengah bersiap terjun langsung ke lokasi terdampak. Untuk itu kami mengajak Anda dapat turut andil ringankan beban mereka. 

Donasi dapat disalurkan melalui rekening a.n Yayasan Nurul Hayat

BCA 6750.170.666

Mandiri 141.00.0768.1588

Niaga 525-01-00073-00-8

*Mohon dibantu untuk memberikan angka 15 disetiap donasi anda

0%

Rp 0 terdanai

Dari Rp 100.000.000 dibutuhkan