Cinque Terre

SUMUR AIR BERSIH UNTUK MASYARAKAT BOJONEGORO

Bojonegoro Krisis Air Bersih Semakin Meluas ke 72 Desa.

LAZNAS (Lembaga Amil Zakat Nasional) Nurul Hayat Bojonegoro, Selasa (01/10/2019), Kembali hadir dengan mewujudkan program Surga Desa (Sumur untuk Warga Desa) di Bojonegoro. Gerakan kemanusiaan ini sangat diprioritaskan karena ada beberapa desa yang setiap tahun mengalami kekeringan akibat musim kemarau panjang. Data yang dihimpun NH Bojonegoro dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, terdapat sekitar 19 kecamatan 72 desa 120 dusun yang terdampak kekeringan. Daerah yang mengalami kekeringan di Bojonegoro lebih banyak di wilayah Bojonegoro bagian Selatan mulai dari Kecamatan Kepoh Baru, Sugihwaras, Kedungadem, Sukosewu, Temayang, Sumberjo, Ngasem, Kedewan, Malo, Purwosari, Ngambon, Ngraho dan daerah lainnya.

Suluh Adi Gunawan Branch Manager NH Bojonegoro, mengatakan, “Tahun ini Surga Desa diwujudkan.” Caranya, lanjut Gunawan, dengan mendistribusikan air bersih menggunakan mobil tangki di 12 Kecamatan 22 Desa yang tersebar di wilayah Bojonegoro.

Selain itu, juga diwujudkan pembuatan sumur Bor di 3 lokasi terdampak kekeringan di wilayah selatan dan barat Bojonegoro yaitu Desa Mulyorejo Kecamatan Tambakrejo, Desa Sumberejokidul Kecamatan Sukosewu Dan Desa Leran Kec.Kalitidu.

“Di Tiga lokasi tersebut, setelah dilakukan survei dan dicari titik sumber air oleh tim relawan, langsung dibuatkan sumur bor menggunakan jenis sumur sible,” sambungnya.

Nantinya, dari sumur yang ada di tengah sawah dan berjarak sekitar 700 meter dari pemukiman warga, air akan dialirkan ke tengah balai Desa Sumberejokidul menggunakan paralon berukuran besar. “Airnya akan kita tampung di tendon besar dahulu, baru kemudian bisa dimanfaatkan untuk warga yang terdampak kekeringan,”

Tentunya, untuk selamatkan mereka dari krisis air dan wabah kekeringan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi, ada banyak daerah yang krisis air dan membutuhkan bantuan kita untuk mendapatkan air bersih.

Untuk itu, mari kita bantu alirkan air bersih untuk daerah yang kekeringan!

Salurkan bantuan Anda ke rekening :

BCA : 675-0584-266

BNI Syariah: 71-00927-56

A. n Yayasan Nurul Hayat

atau klik Donasi di bawah ini.