Cinque Terre

AIR MATA WAMENA

WAMENA BERDUKA, BUTUH BANTUAN KITA.

RESPON CEPAT penanganan pengungsi WAMENA.

Jayapura (30/09). Pagi 07.30 WITA saya tiba di Sentani. Setibanya di Sentani. Saya langsung mengunjungi para pengungsi. mereka ada di 3 titik. ada di AURI, Yonif 571 dan Rindam XVII Cenderawasih.

Pengungsi dari Wamena cukup besar. tercatat sementara ada 1.900 orang yang masuk ke Sentani. di tiga titik pengungsian jumlahnya 500an. yang lainnya menyebar. ada yang ikut keluarga dan ditampung di paguyuban-paguyuban.

Jumlah pengungsi tiap hari terus bertambah. info yang saya terima dari AURI. ada sekitar 17 ribu pengungsi yang antri pesawat herkules di Wamena untuk diangkut ke Sentani. pengungsi itu berasal dari Jawa timur, Jawa barat, Makassar, Medan dan orang asli Wamena.

Stok logistik sudah cukup banyak. masyarakat berbondong-bondong memberikan bantuan makanan siap saji tiap hari.

Saat berdiskusi dengan pengungsi. sebagian mereka menginginkan pulang ke kampung halaman. karena mereka trauma dengan kondisi di Wamena. yang masih punya uang. mereka bisa pulang dengan menggunakan pesawat komersil. sedangkan yang tidak punya harus menunggu bantuan.

Setelah dhuhur. saya menuju kantor PT. PELNI. menjajaki kerjasama. meminta bantuan untuk bisa mengangkut para pengungsi ke tempat asal agar lebih aman.

Situasi di sini tidak menentu. belum kondusif. jadi harus waspada setiap saat. TNI dan POLRI masih berjaga-jaga di Jayapura.

 

Salurkan bantuan Anda untuk saudara kita di Wamena melalui rekening:

BCA : 6750-170-666

BSM: 700-1249-888

A.n Yayasan Nurul Hayat